Selasa, 25 Maret 2008

Tri Kaya Parisudha


Bagi rekan-rekan yang open minded (dalam hal ini berarti mau menerima suatu ilmu dari sumber manapun), kiranya perlu mengetahui salah satu ilmu tentang kehidupan yaitu tri kaya parisudha.
Tri kaya parisudha berasal dari tiga kata yaitu: Tri yang berarti tiga, Kaya yang berarti aktivitas, dan parisudha yang berarti baik/suci. Jadi Tri kaya parisudha diartikan tiga aktivitas yang suci/baik.
Sebagai umat manusia yang merupakan mahluk termulia, hendaknya kita menjalankan tiga aktivitas suci tersebut sehingga kemuliaan kita sebagai manusia tetap terjaga. Selain itu, dengan melakukan tiga aktivitas tersebut diharapkan sikap saling menghargai antar sesama, perdamaian, kerukunan, kebahagiaan, dan segala hal yang baik akan segera terwujud.
Yang termasuk dalam Tri kaya parisudha adalah
Kayika yang berarti perbuatan yang baik/suci. Langkah kongkrit dari kayika adalah dengan melakukan kegiatan membantu sesama manusia baik berupa phisik maupun non-phisik.
Wacika yang berarti perkataan yang baik/suci. Langkah kongkritnya adalah dengan berkata sopan terhadap sesama tanpa memandang statusnya. Status yang dimaksud termasuk umur, jabatan, posisi dll
Manacika yang berarti pikiran yang baik/suci. Langkah kongkritnya adalah dengan selalu berpikir positif dalam setiap kondisi.

Menurut orang bijak, waspadalah terhadap pikiran anda, karena ia akan menjadi kata-kata anda. Waspadalah terhadap kata-kata anda, karena ia akan menjadi tindakan anda. Waspadalah terhadap tindakan anda, karena ia akan menjadi sikap anda.

Well, beranikah Anda untuk menjalankannya ???? Selamat mencoba.

Ingatlah: Segala hal baik bisa datang dari mana saja

Tidak ada komentar: